Kamis, 10 Oktober 2013

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

    Sistem informasi akuntansi adalah serangkaian dari satu atau lebih komponen yang saling berelasi danberinteraksi untuk mencapai suatutujuan, yang terdiri dari pelaku, serangkaian prosedur, dan teknologi informasi atau suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.


Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya : 

SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
Berpegang pada prosedur yang relatif standar
Menangani data rinci
Berfokus historis
Menyediakan informasi pemecahan minimal

Fungsi Utama Sistem InformasiAkuntansi

Ada 3 fungsi utama dari sistem informasi akuntansi bagi perusahaan, yaitu :
  • Mengumpulkan dan menyimpan datadari semua aktivitas dan transaksiperusahaan

  • Memproses data menjadi informasi yang berguna dalam pengambilankeputusan yang memungkinkan bagipihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengontrol aktivitas

  • Menyediakan kontrol yang cukup untuk menjaga aset dari organisasi ,termasuk data. kontrol ini memastikan bahwa data akan tersedia ketika dibutuhkan dan data tersebut akura tdan dapat dipercaya.


Tujuan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi
 
     Salah satu tujuan dari pengembangan sistem informasi akuntansi adalah untuk menambah nilai bagi perusahaan. Sistem informasi akuntansi dapat memberi nilai bagi perusahaan dengan :
  • Informasi yang akurat dan tepatwaktu.
  • Penerapan sistem informasi akuntansi yang meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya.
  • Meningkatkan pengambilan keputusan yang tepat.
  • Meningkatkan pembagian pengetahuan (knowledge sharing).


Subsistem Dasar dalam Sistem Informasi Akuntansi
 
    Subsistem dasar dalam sistem informasi akuntansi ada 5 siklus subsistem yang terdiri dari pelaku, serangkaian prosedur, dan teknologi informasi, yaitu :
  • Expenditure Cycle (Siklus Pembelian)
  • Production Cycle/Conversion Cycle (Siklus Produksi)
  • Revenue Cycle (Siklus Penjualan)
  • Human Resource/Payroll Cycle (Siklus Penggajian)
  • Financing Cycle (Siklus Keuangan)

     Kelima siklus di atas memberikan data transaksi pada General Ledger & Reporting Systems (Siklus Pencatatan)untuk pencatatan dan komunikasiinformasi. General Ledger & Reporting Systems meliputi semua kegiatan yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan dan laporan manajeriallainnya, termasuk transaksi yang tidak rutin dan jurnal penyesuaian yang beraneka ragam.
 
 
Sumber: http://abdurrahman-sisteminformasiakuntansi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar