Sabtu, 20 April 2013

WAWASAN NUSANTARA

Wawasan Nusantara Kebudayaan Indonesia saat ini

 

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dalam bentuk geografisnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Dengan kata lain, wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap rakyat serta wilayahnya dengan mengutamakan rasa persatuan untuk membangun kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

wawasan nusantara sudah cukup lama diterapkan di Indonesia dengan adanya adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan interaksi antar golongan mengandung konflik yang besar mengenai berbagai macam budaya. Namun seiring berjalannya waktu, apakah Indonesia masih menerapkan berwawasan nusantara? sedangkan banyaknya kebudayaan dan beberapa kepulauan yang telah dirampas oleh negara asing.
Rupanya upaya pemerintah untuk mempertahankan budaya-budaya yang ada di Indonesia tidak lah cukup kuat jika rakyat sendiri tidak mau bekerja sama untuk melestarikan budaya. Malah sering kali rakyat lupa akan kebudayaan Indonesia karena masuknya pengaruh budaya modern ke Indonesia, akhirnya banyak budaya Indonesia yang hilang diambil negara asing.

Jika ini terus dibiarkan maka kemungkinan bukan hanya saja kebudayaan dan kepulauan kita sedikit demi sedikit akan hilang namun bisa saja bangsa Indonesia bisa di jajah dan di hancurkan oleh negara lain karena tidak ada lagi atau hilangnya rasa persatuan dan kesatuan dari masyarakat itu sendiri.
Dan kenyataannya banyak masyarakat sering menyalahkan pemerintah atas hilangnya kebudayaan yang direbut oleh bangsa asing padahal tanpa disadari justru rakyat lah yang membuat hilangnya kebudayaan itu sendiri dengan tidak melestarikan budaya yang terlahir dari para leluhur kita terdahulu. Rakyat selalu mengabaikan kebudayaan sehingga banyak negara asing yang berminat untuk memiliki dan merebut kebudayaan kita. 

Dengan kenyataan ini sudah jelas bahwa wawasan nusantara di Indonesia sudah pudar dikalangan masyarakat maupun pemerintahan yang sudah tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan untuk saling bekerja sama dalam mempertahankan dan menjaga kebudayaan yang kita miliki.
Oleh karena itu marilah kita sama-sama mempertahankan kebudayaan kita yang sudah ada dengan melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan kita ke negara asing agar mereka bisa menikmati kebudayaan kita tanpa harus direbut dan diakui oleh bangsa asing. Sehingga wawasan nusantara dapat lagi dijalankan oleh bangsa Indonesia dengan adanya persatuan dan kesatuan dari pemerintah maupun masyarakat dan negara tidak lagi di kacaukan oleh bangsa asing dengan hilangnya kebudayaan Indonesia. Karena masih banyak masalah-masalah yang harus dihadapi oleh Indonesia yaitu, mensejahterakan dan memakmurkan rakyat serta mencapai tujuan negara yang adil.



sumber http://jakarta.kompasiana.com/sosial-budaya/2013/04/01/wawasan-nusantara-kebudayaan-indonesia-saat-ini-541956.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar