Minggu, 15 Januari 2012

tugas 3

3.      bagaimana cara membuat produk atas pesanan dan membuat produk untuk persediaan.?
jawaban: dalam suatu proses membuat atasan pesanan, aktivitas proses berpedoman pada permintaan masing-masing pelanggan. siklus pesanan dimulai ketika pelanggan menentukan  produk yang diinginkan. berdasarkan atas permintaan pelanggan, produsen menetapkan suatu harga dan waktu penyerahannya. penawaran tersebut dapat segera diajukan bila pesanan produknya standar, jika tidak standar akan memerlukan jangka waktu.

kunci ukuran presentasi opersai dari suatu proses membuat atas pesanan adalah waktu penyerahan. sebelum pesanan dikerjakan, pemesan ingin mengetahui kapan penyerahan tersebut dapat diselesaikan. jika waktu penyerahan telah disetuji oleh pemesan, harus dilakukan pengendalian pekerjaan untuk menempati waktu yg telah disetujui. ukuran presentasi operasi ditentukan oleh parameter penyerahan seperti jangka waktu penyerahan dan presentase penyerahan pesanan pada waktu yg tepat.

sementara perusahaan yg beroperasi membuat untuk persediaan harus memiliki suatu lini produk standart. sasaran dengan tetap tersedianya produk ini adalah memberikan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. pada perusahaan membuat untuk persediaan, sangat sedikit operasi yg ditentukan oleh permintaan pemesan, tetapi lebih terfokus pada penambahan persediaan. pada operasi ini, tidak mungkin melakukan identifikasi pesanan selama proses produksi kecuali, pesanan ditunda (back order).

pada suatu operasi membuat untuk persediaan, siklus dimulai oleh produsen menetapkan produk, bukannya pelanggan. pelanggan mengambil produk dari persediaan jika harganya sesuai, jika tidak pemesanan dapat dilakukan kembali. dalam situasi membuat untuk ppersediaan kunci ukuran prestasi kerja adalah pengguna asset-aset produksi (persediaan dan kapasitas) dan pelayanan pelanggan. ukuran tersebut juga termasuk perputaran persediaan, pemanfaatan kapasitas, penggunaan waktu lembur dan presentase pemenuhan permintaan dari persediaan. sasaran operasi adalah pemenuhan pada tingkat pelayanan pelanggan yg diinginkan dengan biaya seminimal mungkin.

secara ringkas, suatu proses membuat atas pesanan ditentukan oleh waktu penyerahan dan pengendalian aliran pesanan. proses harus fleksible agar dapat memenuhi pesanan pelanggan. suatu proses membuat untuk persediaan ditentukan oleh penambahan dan efisiensi operasi. proses dibatasi untuk memproduksi barang-barang standart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar